Jumat, 11 September 2009

TANGGUNG JAWAB dan TANGGUNG JENAB

Tangung jawab merupakan hal yang sering kita dengar.
Meski banyak di-antara kita yang mengabaikan tanggung jawab tersebut.
Shvoong
Situs ringkasan dunia



Tanggung jawab biasa kita kenal dengan istilah Responsebility,
Atau dalam Islam kita mengenalnya dengan istilah Amanah ; yang harus di emban atau di pikul sepenuh hati dan kesungguhan juga pengorbanan.

Dalam hidup manusia selalu ada beban, tugas dan tanggung jawab dalam hidupnya, diterima atau tidak, di sengaja atau tidak tanggung jawab tersebut selalu ada, mengiringi langkah kita dimana pun kita berada.

Waktu kecil, mungkin kita sering dipaksa oleh orang tua kita untuk menjalankan hal-hal yang saat itu kita tidak mengerti arti, tujuan dan kegunaannya. Yang kita tahu hanya hal tersebut harus dan wajib kita lakukan. Itulah contoh masa kecil kita yang se-akan dibebankan kepada kita dan menjadi tanggung-jawab ; hal tersebut mudah dipahami karena tatkala hal tersebut kita abaikan atau kurang baik dalam menjalankannya maka kita akan dimarahi, disalahkan dan mendapat hukuman; minimal hukuman moril.
Itulah kurang lebih konsekuensi dari tanggung jawab, yaitu adanya teguran, hukuman moril, tekanan, kurangnya kepercayaan dan lain sebagai nya.

(tanggung jawab bisa datang dari paksaan, pemberian, warisan, atau ke-inginan sendiri, juga pemberian kepercayaan dari orang lain).

Sejauh Manakah Manusia Bertanggung-jawab

Manusia di ukur dari akal fikiran dan pemahamannya, jika baik berfikir dan logikanya maka semakin baik dia dalam menganalisa dan memutuskan masalah yang di hadapinya.
Mentalitas ber-tanggung-jawab, hanyalah dimiliki mereka yang mempunyai dedikasi dan kesadaran mental yang baik, dimana tanggung jawab yang dikerjakan dengan baik akan ber-akibat baik untuk semua orang, dan disitulah makna hidup manusia, jika mampu bertanggung-jawab dan bermanfaat bagi orang lain maka baik dan mulia-lah dia, dan jika kurang memahami, dan kurang peduli dengan tanggung-jawab-nya maka berkuranglah nilai manusia dan kemanusia-an-nya.

Tidak ada komentar:

BELAJAR DARI BILL GATE .... dan Gurunya KHAN ...., TEnTang KESUNGGUHAN dan KETuLuSAN